Beranda Akses Lahan di Muntialo Terbakar, Satgas Karhutla dan Warga Turun Padamkan Api

Lahan di Muntialo Terbakar, Satgas Karhutla dan Warga Turun Padamkan Api

TANJABBAR, AksesJambi.com – Mendapatkan hasil laporan dari masyarakat ada menemukan sumber api, Kapolres dan Dandim 0419/Tanjab datangi salah satu perkebunan di Dusun Karya Lestari, Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat.

Dengan dibantu oleh Tim Satgas Karhutla Tanab Barat yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan Damkar serta masyarakat sekitar terus berusaha untuk memadamkan api langsung.

Titik api yang menyebar dan dengan kondisi lahan gambut, merupakan tantangan utama pemadaman. Namun, setelah beberapa jam dan dibantu oleh dua Water Bombing akhirnya api bisa dipadamkan.

Hal ini disampaikan Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro yang didampingi Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto serta Kapolsek Betara, AKP Sazanola Harefa.

Ia mengatakan, bahwa untuk memadamkan api dengan peralatan yang sudah dipersiapkan dan Personil yang ada serta dibantu dengan menggunakan dua Satgas Patroli Udara Water Bombing api bisa di padamkan.

“Sementara ini lahan yang terbakar dalam proses pendinginan, untuk langkah lebih lanjut akan ada tim refresif akan melakukan kegiatan proses penyelidikan, mengenai dan mencari sumber api dan penyebab terjadinya kebakaran,” ucap Guntur.

Kapolres AKBP Guntur Saputro , juga menyebutkan, saat ini paling utama kita sudah mencoba melakukan pencegahan agar api tidak melebar ketempat yang lain. Dengan upaya pemadaman secara terus menerus.

“Lahan yang terbakar ini akan tetap kita jaga, mudah mudahan ini bisa mencegah menyebar dan meluasnya kebakaran,” katanya, Selasa (01/09/2020).

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan,untuk saat ini pihak Polres Tanjab Barat masih melakukan pendalaman, dengan menurunkan tim refresif dan luas lahan yang terbakar sekitar kurang lebih 5 hektar, milik kelompok tani.

“Saat ini Tim Refresif kita sudah bergerak dilapangan dan sedang melakukan tindakan penyelidikan, mencari dan mengumpulkan keterangan saksi barang bukti, titik api dan koordinat,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menuturkan, sehingga nanti bisa mempermudah untuk menentukan sumber kebakaran dan titik kebakaran, maupun para pelaku.

“Mudah mudahan bisa kita dapatkan segera dengan penyelidikan ini, membuat terang tindak pidana yang terjadi di tempat lahan yang terbakar ini,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi