Beranda Akses Pinto: Kepala Daerah Harus Peduli Bencana & Profesional Kelola Bantuan BNPB

Pinto: Kepala Daerah Harus Peduli Bencana & Profesional Kelola Bantuan BNPB

JAMBI, AksesNews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara, menyuarakan pentingnya kepedulian kepala daerah terhadap isu bencana alam. Menurutnya, kepala daerah harus menunjukkan komitmen dan profesionalisme dalam mengelola bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pinto menyampaikan hal ini dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari ini. Ia menekankan bahwa penanggulangan bencana bukan hanya tanggung jawab Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), melainkan tugas bersama yang melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga terkait lainnya.

“Penanggulangan bencana adalah urusan bersama, lintas sektor. Bukan hanya tanggung jawab BPBD,” tegas Pinto.

Ia menambahkan, kepala daerah perlu menunjukkan kepemimpinan yang kuat dalam menghadapi bencana alam. Hal ini termasuk memastikan koordinasi yang efektif antar OPD dan lembaga terkait, serta memastikan distribusi bantuan yang tepat sasaran dan akuntabel.

“Kepala daerah harus profesional dalam mengelola bantuan dari BNPB. Bantuan tersebut harus didistribusikan secara tepat sasaran dan akuntabel,” jelas Pinto.

Pinto juga mendorong kepala daerah untuk meningkatkan kapasitas BPBD dalam menghadapi bencana alam. Hal ini termasuk pelatihan personel, penyediaan peralatan yang memadai, dan pengembangan sistem peringatan dini yang efektif.

“BPBD perlu diperkuat kapasitasnya agar dapat lebih siap dalam menghadapi bencana alam,” ujar Pinto.

Pernyataan Pinto ini sejalan dengan komitmen pemerintah pusat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana alam. BNPB pun telah mengeluarkan berbagai kebijakan dan program untuk membantu daerah dalam menghadapi bencana.

Diharapkan dengan kepedulian dan profesionalisme dari semua pihak, dampak bencana alam di Indonesia dapat diminimalisir dan masyarakat dapat hidup dengan lebih aman dan sejahtera. (Rls/*)