Beranda Akses Hari Kelahiran Pancasila, Mulyani: Mari Gotong-royong Perangi Covid-19

Hari Kelahiran Pancasila, Mulyani: Mari Gotong-royong Perangi Covid-19

TANJABBAR, AksesJambi.com – Hari Kelahiran Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonseia yang diperingati pada setiap 1 Juni memang menjadi momen kebangkitan rasa nasionalisme bagi setiap masyarakat yang berdarah Indonesia, baik yang tinggal di dalam negeri maupun diluar negeri sana.

Namun, saat ini peringatan hari lahirnya ideologi milik bangsa Indonesia tersebut harus diwarnai dengan terjadinya pandemi Covid-19.

Melihat hal tersebut, Ketua dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat, Mulyani Siregar mengajak masyarakat untuk memperingati hari lahirnya Pancasila ini sebagai momentum membangkitkan semangat gotong royong masyarakat Indonesia untuk bersama-sama memerangi covid-19.

“Gotong royong merupakan kekuatan untuk memutus mata rantai Covid-19 di era sekarang seluruh rakyat Indonesia khususnya generasi muda tak hanya mempelajari Pancasila, tapi juga harus mengamalkan setiap nilai yang terkandung di dalam Pancasila itu sendiri,” sebut Mulyani, Senin (01/06/2020).

Mulyani mengatakan bahwa pengamalan Pancasila ialah dengan bersama-sama memutus mata rantai Covid-19 dengan mengikuti anjuran dan imbauan pemerintah. Dengan mengamalkan Pancasila, masyarakat dengan semangat gotong royong harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, pola hidup bersih dan sehat (PHBS), memakai masker saat beraktivitas dan jaga jarak.

“Pancasila adalah pemersatu bangsa dan untuk saat ini kita harus bersatu, bergotong royong untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 agar tidak lagi menyebar. Dengan spirit jiwa Pancasila mari bersama sama kita bergotong royong untuk membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar ketua DPC PDIP Tanjab Barat.

Meski demikian, ditengah covid-19 Mulyani menegaskan, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini tidak mengurangi makna dan spirit yang terkandung di dalamnya.

“Memperingati Hari Lahir Pancasila kali ini memang sedikit berbeda, karena kita memperingatinya di tengah wabah pandemi Covid-19. Akan tetapi hal tersebut tidak akan mengurangi makna dan spirit kita dalam mengamalkan nilai nilai yang terkandung di dalam Pancasila itu sendiri,” tegasnya.

Mulyani berharap dengan semangat Pancasila dan Gotong Royong akan membawa Indonesia keluar dari pandemi Covid-19. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi