Beranda Akses Ketua Karang Taruna Jambi Ikuti Rakor Vidcon bersama Mensos Juliari Batubara

Ketua Karang Taruna Jambi Ikuti Rakor Vidcon bersama Mensos Juliari Batubara

JAMBI, AksesNews – Ketua Karang Taruna Provinsi Jambi, bersama pengurus Karang Taruna dari 34 Provinsi lainnya mengikuti rapat koordinasi melalui video confrence (Vidcon) bersama Menteri Sosial, Juliari Batubara, Jumat pagi (01/05/2020).

Selain pengurus Karang Taruna di Indonesia, rakor Vidcon ini juga diikuti Koordinator TKSK, IPSM dan LKKS se-Indonesia dan Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Nasional. Kegiatan ini diinisiasi Dirjen Pemberdayaan Sosial, Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat.

Rapat koordinasi ini digelar dalam rangka mendengar arahan Menteri Sosial tentang penguatan PSKS dalam rangka memutus matarantai penyebaran Covid-19.

Dalan arahannya, Mensos Juliari Batubara meminta peran serta para pekerja sosial, termasuk Karang Taruna Provinsi Jambi melakukan sosialisasi terkait penyaluran bantuan pemerintah terkait penanganan dampak Covid-19.

Mensos juga mengajak para pekerja sosial, salah satunya jajaran Karang Taruna di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah Provinsi Jambi untuk mengawasi dan mengkoreksi setiap penyaluran bantuan sosial yang dianggap menyimpang.

“Sebab diluar sana, ada orang ataupun kelompok yang memanfaatkan momen ini untuk kepentingan politik, baik tingkat nasional, daerah bahkan desa,” ujarnya.

Selain itu, Mensos Juliari Batubara juga mendorong insan Karang Taruna sebagai bagian dari pekerja sosial menggalang dana yang bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Yang terpenting dalam kondisi seperti ini bagaimana agar kita bersatu dan meningkatkan solidaritas untuk membantu sesama,” tuturnya.

Dampak Pandemi Covid-19 selain terus melakukan bantuan sosial rutin seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Rastra, Kementrian Sosial membuat program tambahan berupa bantuan Sembako. Namun demikian, bantuan sembako ini masih sebatas untuk wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Ketua Karang Taruna Provinsi Jambi, Navid SH, siap bersinergi bersama dengan lembaga pekerja sosial lainnya menindaklanjuti arahan Menteri Sosial tersebut.

“Langkah awal yang akan kami lakukan yakni dengan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di provinsi dan daerah. Hal yang menjadi arahan akan kita sampaikan agar menjadi perhatian bersama,” katanya, ditemui usai Vidcon bersama Mensos.

Disisi lain, dia mendorong agar Kementerian Sosial dapat mengalokasikan program tambahan bantuan Sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Provinsi Jambi. (Rif/Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi