Beranda Advertorial Pengurus Lembaga Adat Jambi Dibekali Panduan Sejarah dan Seloko Adat

Pengurus Lembaga Adat Jambi Dibekali Panduan Sejarah dan Seloko Adat

KOTAJAMBI, AksesNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menyalurkan buku profil Tanah Pilih Pusako Betuah dan buku pedoman Seloko Adat kepada seluruh jajaran pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) di wilayah setempat.

Walikota Jambi, Syarif Fasha mengatakan buku tersebut agar menjadi panduan para pengurus LAM mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga Kota Jambi dalam melaksanakan fungsinya menjaga adat dan budaya setempat.

“Ini wujud kontribusi nyata Pemkot untuk melestarikan adat melayu Jambi dan dapat dijadikan bahan pustaka bagi generasi muda,” kata walikota Jambi dua periode ini, Selasa (31/12/2019).

Buku profil Tanah Pilih Pusako Betuah, berisi tentang sejarah adat istiadat Kota Jambi, Tanah Pilih Pusako Betuah adalah nama lain Kota Jambi. Sedangkan seleko adat adalah ungkapan dalam bahasa daerah yang mengandung pesan atau nasihat yang bernilai etik dan moral.

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan 292 lembar pakaian adat Teluk Belango kepada pengurus LAM dengan harapan mampu membangkitkan kepercayaan diri pengurus untuk terus menjaga adat budaya melayu Jambi.

Sementara Ketua LAM Kota Jambi, Azrai Al Basyari mengapresiasi langkah Pemkot Jambi berkontribusi membantu LAM.

“Tidak hanya pemerintah, seluruh komponen masyarakat diharapkan terlibat dalam menjaga adat budaya melayu Jambi. Tolong dipelihara dengan sebaik mungkin, Kita tidak sama dengan melayu Padang ataupun Riau, tidak sama pula dalam di dunia Melayu di Indonesia, kita Melayu tua,” katanya. (Selvy)

DRadio 104,3 FM Jambi