Beranda Advertorial DLH Ajak Masyarakat Menjaga Kebersihan Kabupaten Batanghari

DLH Ajak Masyarakat Menjaga Kebersihan Kabupaten Batanghari

BATANGHARI, AksesJambi.com – Untuk menciptakan lingkungan yang bersih, tentunya manusia sangat mempunyai peran yang penting dalam menjaga lingkungannya. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu, sampah dan bau yang tidak sedap, Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

Saat dijumpai awak media, Kepala Dinas Lingkungan Hidup melalui Kabid Pengelolaan sampah dan limbah B3, Zamhuri mengatakan, untuk menanggulangi penumpukan sampah pihak dari DLH telah melaksanakan pembinaan sosialisasi kepada pihak kelurahan atau Desa terkhususkan di wilayah kecamatan Muara Bulian yang merupakan pusat kota, Kamis (31/01/2020)

“Untuk seluruh kelurahan yang berada di Kecamatan Muara Bulian kita telah melakukan pembinaan atau sosialisasi membahas tentang 3 R, Reduse (mengurangi timbunan sampah), Reuse (memanfaatkan), Recycle (mendaur ulang).” ucapnya.

Dikatakannya, di setiap tahunnya DLH juga telah menganggarkan pemberian hibah tong sampah kepada masyarakat, akan tetapi masyarakat yang menerima bantuan tong sampah tersebut di kenakan biaya pungutan retribusi tergantung jenis objek pungutan.

“Biaya pungutan retribusi ada tiga jenis yaitu Rumah Kediaman pungutan retribusi sebesar lima ribu rupiah, pertokoan penguatan retribusi sebesar sepuluh ribu rupiah, dan untuk ruko atau perkantoran di kenakan dua puluh ribu rupiah perbulan.” sambungnya.

Dan dari hasil pungutan retribusi tersebut lanjut Zamhuri, “Melalui Bendahara DLH akan di setorkan ke kas daerah, bahkan di Tahun 2019 target setoran DLH ke kas Daerah melebihi target mencapai 118 persen, jadi untuk tahun 2020 ini target DLH setor ke kas daerah meningkatkan menjadi 258 juta.” bebernya .

Dia berharap selain dari peran serta masyarakat dibutuhkan juga peran serta dari pihak Kecamatan, kelurahan bahkan sampai ke tingkat Rukun Tetangga (RT) untuk terus menghimbau menjaga kebersihan di setiap lingkungan di kabupaten Batanghari.

“Harapan kami (DLH) kepada seluruh lapisan masyarakat untuk membuang sampah pada bak sampah atau tempat penampungan sampah dari jam 06:00 WIB sore s/d jam 06 : 00 WIB pagi, karena pekerja mobil pengangkut sampah beroperasi keliling setelah jam 06 : 00 pagi.” pungkasnya. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi