Beranda Advertorial Pemkot Jambi Rapatkan Barisan Pemangku Kesehatan Antisipasi Virus Corona 

Pemkot Jambi Rapatkan Barisan Pemangku Kesehatan Antisipasi Virus Corona 

KOTAJAMBI, AksesNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menggelar rapat kesiagaan antisipasi wabah virus corona, Wali Kota Jambi Syarif Fasha rapatkan barisan pemangku kesehatan dalam menyikapi fenomena Novel Corona Virus.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha meminta agar seluruh rumah sakit yang ada di kota Jambi menyediakan satu ruangan Isolasi dan melakukan Screening awal terhadap pasien yang apabila terindikasi mengidap Corona Virus.

“Besok atau lusa kita akan keluarkan Surat edaran untuk seluruh pelaku kesehatan baik tingkat pertama pemerintah maupun swasta di kota Jambi, ” sebut Fasha, Senin (27/01/2020).

Wali Kota Jambi pun menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik dalam fenomena internasional ini. Dalam informasi terkait penyebaran Corona Virus ini, dirinya juga meminta agar masyarakat bijak dalam mencerna informasi tersebut.

“Masyarakat kota Jambi jangan panik , kami pemerintah sudah melakukan hal-hal yang harus kami lakukan untuk mencegah virus ini tidak masuk ke kota Jambi. Kami minta juga tidak mendapatkan informasi-informasi bukan dari pihak yang sebenarnya,” paparnya.

Jalur lintas masuknya masyarakat ke Jambi melalui jalur udara, KKP telah melakukan pengawasan-pengawasan kepada penumpang. Fasha pun meminta kepada KKP agar tim pemeriksa dapat melakukan pemeriksaan kepada siapapun di bendara baik itu Kepala daerah maupun masyarakat.

Bagi masyarakat yang baru turun dari pesawat agar ikut serta dalam pemeriksaan, sebab menurut Fasha masyarakat lebih baik melakukan pencegahan dini dalam pemeriksaan yang dilakukan.

Intruksi Wali Kota Jambi kepada seluruh petugas, apabila ada masyarakat yang suhu tubuhnya melebihi 38 derajat Celcius agar secepatnya melakukan screening.

“Puskesmas tidak boleh menolak pasien yang merasakan panas tubuh meningkat seperti gejala-gejala yang di gambarkan , mereka harus melakukan screening awal dan nanti bisa di rujukan ke RS Abdul Manaf,” kata Fasha.

Wali Kota Jambi pun menjamin apabila ada masyarakat yang positif terindikasi, maka pemerintah kota Jambi bertanggung jawab untuk pengobatan, pembiayaan dan lain-lainnya.

Selain itu, Wali Kota Fasha juga menginstruksikan kepada seluruh Camat dan Lurah agar tetap mengawasi warganya terutama bagi warga asing yang ada di wilayah tersebut.

Diketahui, Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat seperti pilek dan penyakit yang serius seperti Mers dan SARS.

Hadir pada rapat tersebut, Kepala-kepala Rumah Sakit (RS) pemerintah, Swasta, TNI, Polri, Seluruh kepala Puskesmas, Camat dan Lurah di Kota Jambi. Dari pihak Kemenkumham Kota Jambi, Imigrasi, KKP, RS Raden Mattaher juga dihadirkan dalam koordinasi pencegahan wabah Corona Virus ini. (Shelvy)

DRadio 104,3 FM Jambi