Beranda Advertorial Tingkatkan Kapasitas BPD di Tanjab Barat, Dinas PMD Adakan Pelatihan

Tingkatkan Kapasitas BPD di Tanjab Barat, Dinas PMD Adakan Pelatihan

TANJABBAR, AksesJambi.com – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem pemerintahan desa sekarang ini memiliki kedudukan penting, terutama perannya dalam mendorong pemerintah desa yang transparan, akuntabel, partisipatif dan responsif.

Strategisnya kedudukan BPD tersebut mengandung tanggungjawab yang besar terutama dari pemerintah untuk melakukan berbagai hal sesuai dengan ketentuan yang berlaku demi terwujudnya BPD yang memiliki kedudukan dan kemampuan yang optimal sebagaimana yang diharapkan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas PMD Tanjung Jabung (Tanjab) Barat melalui Kabid Bina Administrasi Pemerintahan Desa Recky saat pelatihan penguatan BPD yang di ikuti sebanyak 114 BPD se kabupaten Tanjab Barat di Aula Hotel Ariyadh, Jumat (21/02/2020).

Pelatihan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan Kapasitas kelembagaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya.

“Pelatihan ini akan meningkatkan pemahaman dan kesadaran BPD akan tugas, hak dan tanggung jawabnya dalam mengembangkan fungsi-fungsi pemerintahan desa sehingga berbagai layanan publik di tingkat desa dapat diwujudkan secara baik dan benar,” kata Recky.

Menurutnya, BPD desa harus terus berbenah agar fungsi dan tugasnya bisa berjalan dengan baik.

“Pelatihan seperti ini sangat penting terlebih selama ini penguatan kapasitas anggota BPD yang lebih baik serta menciptakan harmonisasi anggota BPD dan kepala desa,” pungkasnya. (DIKA)

DRadio 104,3 FM Jambi