Beranda Advertorial Pelatihan UMKM Pemula, Maulana: Buka Lapangan Kerja Baru

Pelatihan UMKM Pemula, Maulana: Buka Lapangan Kerja Baru

KOTAJAMBI, AksesNews– Pelatihan bagi pelaku UMKM Pemula Kota Jambi telah dibuka. Pelatihan yang berbasis kompotensi dan kewirausahaan UMKM ini diikuti 160 orang yang lulus seleksi.

Peserta yang lulus seleksi ini terdiri dari 40 orang di Tata Rias, 40 orang di Menjahit dan 80 orang Pelatihan kewirausahaan.

Wakil Wali Kota Jambi (Wawako) dr Maulana mengatakan, pelatihan ini merupakan perwujudan dari rencana pembangunan jangka menengah daerah yang berupa pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Maka pelatihannya dilaksanakan di semua OPD terkait, di Dinas Pendidikan ada, di Dinas Perdagangan ada di Dinas Sosial juga ada. Tergantung kelompok mana yang mau kita sasar,” sebutnya, Kamis (20/02/2020).

Tidak hanya itu, Maulana menegaskan kepada Kepala Dinas, Camat dan Lurah pasca pelatihan agar dapat menggunakan ilmu, fasilitas dan sertifikasi yang diberikan kepada peserta dengan sebaik-baiknya.

“Jangan hanya setelah dilatih, dikasih bantuan alat, sertifikasi kemudian pulang. Mereka tidak bisa berkembang menjadi entrepreneur (Wirausaha),” ujarnya.

Dalam hal pengembangan keahlian peserta berbasis Online, Pelatihan ini bekerja sama dengan Kominfo dibidang online teknologi informasi.

Maulana berharap melalui pelatihan ini peserta dapat membuka lowongan pekerjaan baru kepada masyrakat di kota Jambi bermodalkan keahlian yang telah difasilitasi.

“Kalau kita tidak bisa membuka lapangan kerja maka akan muncul pengangguran yang tinggi dan berdampak pada kriminalitas yang meningkat,” ujarnya.

Lanjutnya, melalui pelatihan Pemerintah Kota Jambi membuka investasi agar dapat membuka lapangan pekerjaan dan mewajibkan para investor untuk mengangkat pegawai yang berasal dari Jambi.

Diketahui, pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Jambi dan akan dilaksanakan dari Februari hingga Maret. (Shelvy)

DRadio 104,3 FM Jambi