Beranda Advertorial Pemkab Batanghari Bakal Beri Bantuan 50 Ton Bibit Padi

Pemkab Batanghari Bakal Beri Bantuan 50 Ton Bibit Padi

BATANGHARI, AksesJambi.com – Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Batanghari telah mempersiapkan bantuan sebanyak lima puluh ton bibit padi sawah untuk kelompok tani yang berada di ruang lingkup Pemkab Batanghari. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Mara Muliya Pane.

Saat dijumpai oleh awak media, Mara Muliya Pane mengatakan, selain bibit padi sawah Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura juga mempersiapkan bantuan tanaman bibit padi gugur serta bibit sayur-sayuran untuk semua kelompok tani yang berada di kawasan Kabupaten Batanghari.

“Ada enam kecamatan yang dominan untuk pengembangan bibit padi sawah meliputi wilayah Kecamatan Muara Bulian, Pemayung, Muara Tembesi, Maro Sebo Ulu, Maro Sebo Ilir, dan Mersam. ” ucapnya, Senin (20/01/2020).

Dikatakannya, ada satu kecamatan yang tidak dapat penyaluran bibit padi sawah melainkan mendapatkan penyaluran bibit padi guguh yaitu di Kecamatan Bajubang.

” Untuk di Kecamatan Bajubang kita tidak di salurkan bibit padi sawah melainkan menyalurkan bantuan bibit padi guguh ( padi ladang ) karena untuk lahan persawahan di kecamatan tersebut agak kurang mendukung. serta ada beberapa Kecamatan lainnya selain mendapatkan bibit padi sawah juga mendapatkan bantuan bibit padi gugur yaitu di kecamatan Batin XXIV, dan Kecamatan Maro Sebo Ulu.” Tambah Mara Muliya Pane.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura juga berharap dengan adanya bantuan bibit padi sawah dan padi gugur ini dapat meningkatkan produksi padi khususnya di Kabupaten Batanghari.

“Kita berharap agar bantuan sebanyak lima puluh ton ini dapat tertanam dengan baik serta dapat memelihara tanaman hingga musim panen, dan apabila para kelompok tani menumui kendala agar cepat berkoordinasi dengan petugas kita di lapangan.” pungkasnya.

Untuk diketahui kucuran dana dalam pembibitan padi sawah sebanyak lima puluh ton ini terbagi dalam dua anggaran, yaitu 25 ton melalui APBD dan 25 ton lagi melalui Anggaran APBN, dan penyaluran bibit padi sawah, bibit padi guguh, serta bibit sayuran tersebut akan langsung di berikan langsung kepada kelompok tani setiap kecamatan yang akan diserahkan pada bulan Maret Tahun 2020 ini. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi