Beranda Advertorial Info Terbaru soal Corona di Jambi: dari Jumlah Pasien, hingga RS Rujukan...

Info Terbaru soal Corona di Jambi: dari Jumlah Pasien, hingga RS Rujukan Pemprov

JAMBI, AksesNews – Hingga saat ini belum ada kasus positif corona di Jambi, Rabu (18/03/2020). Namun, sejauh ini sebanyak 18 orang sudah diperiksa, 5 masuk ruang isolasi, 6 dalam proses uji lab dan yang positif corona di Jambi 0 atau nihil.

Data tersebut terkonfirmasi per-Selasa (17/03/2020) kemarin. Dari jumlah total tersebut, sebanyak 13 pasien ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan 5 pasien PDP (Pasien Dalam Pengawasan) corona di Provinsi Jambi.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan dari 13 pasien ODP sebanyak 11 orang sudah diperbolehkan pulang dan 2 orang lagi masih diobservasi di UGD.

“Untuk 5 orang PDP yang diisolasi itu baru pulang dari daerah terjangkit Corona, ada juga yang baru pulang umrah. Mereka mengalami sesak napas, batuk, dan pilek,” kata Johansyah, Rabu (18/03/2020) malam.

Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pempov) Jambi telah menetapkan 5 rumah sakit rujukan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) kategori PDP, berdasarkan SK Gubernur Jambi Nomor 292/KEP.GUB/DISKES 4.2/2020.

Lima rumah sakit tersebut diantaranya, Rumah Sakit H. Abdul Manap Kota Jambi, Rumah Sakit Daud Arif Kuala Tungkal, Rumah Sakit Hanafie Bungo, Rumah Sakit Hamba Batanghari dan Rumah Sakit H. A. Thalib Kerinci.

“Sedangkan berdasarkan PMK Nomor: HK.01.07/Menkes/169/2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emergi, ada 132 rumah sakit rujukan di Indonesia, termasuk diantaranya RSUD Raden Mattaher Jambi,” kata Johansyah.

Dengan penetapan lima rumah sakit di Provinsi Jambi sebagai rujukan penanganan Covid-19 kategori PDP, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi akan mengadakan pelatihan petugas terhadap kelima rumah sakit tersebut.

“Selain itu, akan diselenggarakan workshop (lokakarya) untuk seluruh rumah sakit di Provinsi Jambi,” kata Johansyah yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi.

Tak hanya itu, Pemprov Jambi juga meluncurkan situs corona.jambiprov.go.id. Dengan adanya situs tersebut, kata Johansyah, masyarakat dan publik terbantu dalam informasi yang berkaitan dengan Covid-19.

“Semoga situs tersebut bisa menjadi referensi terpercaya dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi. Meskipun situs tersebut diluncurkan oleh Pemprov Jambi, namun dalam penanganan Covid-19, semua instansi bekerja sama dan bekerja tim,” pungkasnya. (Bjs/Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi