Beranda Advertorial Kepala Dinsos Ikut Serta Panen Raya Tanaman Kacang Hijau

Kepala Dinsos Ikut Serta Panen Raya Tanaman Kacang Hijau

BATANGHARI, AksesJambi.com – Desa Rambahan Seberang yang tergabung dalam Usaha Mandiri Kelompok (UMK) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), menggelar kegiatan panen raya tanaman kacang hijau yang dihadiri secara langsung oleh kepala dinas sosial Kabupaten Batanghari, Fauzan Azhari, Selasa (14/01/2020).

Pada Acara tersebut Kadis Sosial Fauzan Azhari langsung di dampingi Pjs Kepala Desa Rambahan Atang Priyatna, Koordinator PKH Kabupaten Yusuf, pendamping sosial PKH M.Tarmizi Putra, serta para Petani UMK KPM PKH yang berada di Desa Rambahan Seberang.

Fauzan Azhari mengatakan, panen raya tanaman kacang hijau ini merupakan hasil dari kelompok pertanian UMK Desa Rambahan yang telah memasuki masa panen setelah melalui proses penanaman hingga perawatan beberapa bulan yang lalu.

“Saya berharap dengan adanya PKH ini dapat membantu menambah penghasilan bagi masyarakat yang kurang mampu di Desa ini.” Ucapnya.

Sementara itu Pjs Kepala Desa Rambahan, Atang Priyatna juga mengatakan, dengan adanya kegiatan seperti ini, terutama masyarakat yang berpenghasilan masih tergolong rendah dapat terbantu menambah penghasilan serta mendapatkan pengetahuan tentang bercocok tanam yang baik dan benar sehingga mendapatkan hasil tanam yang baik.

“Setiap bulan pendamping sosial akan turun ke lapangan guna memberikan bimbingan serta pemahaman kepada Keluarga Penerima Manfaat dalam menambah penghasilan melalui bercocok tanam,” ucap Atang.

Kadis Sosial melalui Koordinator PKH Kabupaten Yusuf juga mengatakan, PKH sendiri sudah masuk dikabupaten Batanghari sejak tahun 2013, dimana program ini tidak hanya memberikan bantuan namun juga memberikan edukasi dan pengetahuan kepada penerima bantuan (KPM) berupa materi Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2).

“Setiap pertemuan kita selalu memberikan edukasi serta pemahaman yang berisikan tentang Pengasuhan anak, Pendidikan anak, Kesehatan dan Gizi, Mengurus Lansia dan Disabilitas serta Meningkatkan Ekonomi keluarga” ungkapnya.

Pada waktu yang bersamaan Ketua lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Nusantara Wistaria juga mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan kelompok KPM PKH di Desa Rambahan ia berharap ke depannnya bisa lebih di tingkatkan lagi.

“Saya mewakili team LSM Nusantara sangat mengapresiasi sekali dengan kelompok UKM KPM PKH di Desa Rambahan ini semoga bermanfaat bagi seluruh Anggota Kelompok dan dapat meningkatkan perekonomian serta hasil pertanian untuk kedepannya.” bebernya.

Untuk di ketahui Program Keluarga Harapan (PKH) ini merupakan Program bantuan sosial yang bersumber dari Kementerian Sosial yang diperuntukkan bagi masyarakat _Pra Sejahtera_ demi mengatasi kesenjangan ekonomi, maka dari itu Pendamping Sosial PKH wajib menyampaikan materi P2K2 ini kepada seluruh KPM PKH, Implementasi ini telah diterapkan didaerah dampingan masing-masing pendamping. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi