Beranda Advertorial Zakat Infaq NonTunai, BI Jambi dan Mandiri Syariah Luncurkan QRIS di Beberapa...

Zakat Infaq NonTunai, BI Jambi dan Mandiri Syariah Luncurkan QRIS di Beberapa Masjid

JAMBI, AksesNews – Manfaatkan QRIS dalam memudahkan Infaq dan Shodaqoh melalui Smartphone yang di lakukan kapanpun dan dimanapun, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jambi bersama Bank Mandiri Syariah resmikan QRIS di 3 masjid Kota Jambi. Masjid tersebt yakin Masjid At Taufiq dan masjid Jami’ As Sa’adah di kelurahan The Hok serta masjid Miftahul Huda kelurahan Pasir Putih.

“Cukup dengan satu klik itu sudah bisa berjalan, jadi ini memberikan kemudahan bagi khalayak,” kata Kepala Kantor (Kakan) Perwakilan Bank Indonesia provinsi Jambi, Bayu Martanto, Senin (09/03/2020).

Bayu juga menyampaikan, tidak hanya di Masjid, BI juga akan Sosialisas cara penggunaan QRIS dibeberapa perguruan tinggi di Jambi, pasar tradisional dan UMKM. Selain itu juga diadakan pekan QRIS yang mana puncak kegiatan ini pada tanggal 15 Maret di Car Free Day depan kantor BI.

“Nanti disana juga ada perbankan, UMKM, jadi masyarakat yang ingin mengetahui lebih detail apa itu QRIS dan ingin mempunyai rekening serta bisa bertransaksi bisa bertemu langsung dengan pihak penyelenggara jasa sistem pembayaran,” jelasnya.

Kakan Perwakilan BI Jambi juga mengimbau untuk pihak rumah ibadah yang ingin memiliki QRIS bisa mendaftar di Bank atau non Bank yang sudah mempunyai izin untuk menerbitkan ataupun mencetak QRIS.

“Jadi nanti setiap masjid ataupun UMKM ataupun margent ataupun pasar tradisional akan mendapatkan ID spesifik,” paparnya.

Harapannya bagi pemegang ID memperhatikan dan dipastikan QRIS kepunyaan mereka sendiri yang ditampilkan, seperti halnya rumah ibadah yang akan diawasi bahwa QRIS mereka yang ditampilkan.

Emir Syafial selaku Kepala cabang BSM Jambi, Emir Syafial mengatakan untuk para nasabah UMKM, masjid ataupun lainnya diharapakan sudah menggunakan QRIS untuk membantu pembayaran non tunai.

“Untuk nasabah UMKM membantu sekali jika dia ingin mendapatkan pembiayaan otomatis semua pemasukan sudah dapat diketahui, otomatis sudah terecord dalam perbankan jadi kita tidak kesulitan lagi untuk menganalisa nasabah UMKM,” tambahnya.

Untuk penggunaan QRIS di Masjid, diharapkan dapat menambah dana masyarakat untuk menginfaqkan sebagian hartanya yang disalurkan secara mudah

Ucapan syukur dan terima kasih juga diberikan oleh Ahmadsyah selaku sekretaris penguruh Masjid At Taufiq karena dengan adanya QRIS dapat mengurangi kecurangan dan kecurigaan warga masyarakat terhadap infaq dan sedekah yang diberikan.

“Terima kasih sekali kepada BSM bahwasanya bisa bekerjasama dengan kami, telah terlaksananya program QRIS ini,” katanya.

Selain itu juga Ahmadsyah mengharapkan bahwa program QRIS dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. (Shelvy)

DRadio 104,3 FM Jambi