Beranda Advertorial Peduli ‘Pejuang Kemanusiaan’ Kota Jambi, Fasha Beri Vitamin Khusus

Peduli ‘Pejuang Kemanusiaan’ Kota Jambi, Fasha Beri Vitamin Khusus

KOTAJAMBI, AksesNews – Suasana berbeda terjadi di Command Center Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jambi, yang berada di Markas Komando Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi. Ruangan kantor tersebut dipadati oleh para personil lapangan yang biasa bertugas melaksanakan penanganan wabah Covid-19 di Kota Jambi, Rabu (08/04/2020).

Tampak dialokasi, Satuan Gugus Tugas Disinfeksi Kota, Satuan Gugus Tugas Pengetatan Pintu Gerbang Kota, maupun kalangan media yang setiap hari turut berjuang memberitakan informasi perkembangan penanganan Covid-19 di Kota Jambi, secara bergantian dilakukan pemeriksaan medis, kondisi kesehatan dan diinjeksi vitamin oleh Tim Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Jambi.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin tambahan tersebut, dilaksanakan berdasarkan instruksi Wali Kota Jambi Syarif Fasha yang ditujukan untuk memastikan kondisi kesehatan “Pejuang Kemanusiaan”, seluruh personil yang bertugas di lapangan, agar tetap bugar dan prima dalam melaksanakan tugas penanganan Covid-19 di Kota Jambi. Sebab, mereka telah turun langsung dan bertugas tidak mengenal waktu siang dan malam, dalam kurun waktu sebulan terakhir ini.

“Kami ingin memastikan petugas kami, sebagai garda terdepan penanganan wabah Covid-19, senantiasa dalam kondisi prima dan terjamin keselamatannya. Mereka saat ini adalah ujung tombak kita, harapan masyarakat, untuk berjuang memberantas wabah Covid-19 di Kota Jambi. Sudah pantas kiranya, mereka adalah pahlawan masa kini bagi kota semua,” jelas Fasha.

Pemberian vitamin kepada petugas satgas Covid-19 kota Jambi, Foto: Istimewa

Pernyataan Wali Kota Jambi itu bukan tanpa alasan. Petugas yang bertugas dilapangan, sangat rentan jatuh sakit dalam memerangi wabah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Fasha memang telah mengalokasikan anggaran khusus bagi petugas yang bertugas di Kota Jambi.

“Dalam kerangka kebijakan kami untuk memerangi Covid-19 ini, kami juga telah mengalokasikan APBD Pemkot Jambi, khusus untuk petugas yang bekerja dan berjuang dilapangan. Selain kita jamin ketersediaan konsumsi dan pemeliharaan kesehatannya, kita lengkapi APD-nya (Alat Pelindung Diri-red), seluruh petugas juga akan kami beri insentif khusus. Semoga ini dapat sedikit menghargai apa yang telah mereka korbankan, walaupun kami tidak akan pernah bisa membayar dengan setimpal, apa yang telah mereka perbuat,” beber Fasha.

Fasha mengatakan, dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, setiap petugas akan dilakukan evaluasi secara menyeluruh terkait kondisi kesehatannya, sesuai standar pemeriksaan medis.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi melalui Kabid Pelayanan, dr Elviroza mengatakan bahwa, kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin tambahan ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Untuk vitamin kami beri injeksi Vitamin C kadar tinggi dan Neurobion, tingginya kandungan antioksidan. Kita harap ini bisa membantu menyegarkan tubuh dan efeknya lebih kuat dibandingkan mengonsumsi suplemen vitamin C biasa. Saat ini, petugas rumah sakit, petugas penyemprotan desinfektan dan petugas pengamanan tugasnya sedang padat dan menjadi tanggung jawab pemerintah untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan petugas,” katanya.

Saat ini baru sebagian petugas yang diberikan vitamin C dan Neurobion. Pemberian akan diberikan bertahap ke seluruh petugas. Total, ada 1000 alat suntik sekaligus cairannya yang akan di suntikkan kepada petugas.

“Ini kegiatan inisiatif dari Bapak Wali Kota. Pemberian akan dilakukan bertahap karena sekarang beberapa petugas ada yang sedang di lapangan. Ini juga sebagai upaya menerapkan social distancing,” katanya.

Pemberian vitamin kepada personil satgas Covid-19 kota Jambi, foto: Istimewa

Ismail, salah satu petugas penyemprotan desinfektan mengaku berterima kasih kepada Wali Kota Jambi yang telah menginisiasi penyuntikan vitamin secara gratis. Ia meminta agar pemberian vitamin secara gratis ini dilakukan secara berkala. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan kebugaran petugas di lapangan terutama yang melakukan penyemprotan desinfektan.

“Tugas kami menyemprot ini kan 90 hari, jadi kalau bisa dilakukan secara berkala,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Ardi mengatakan juga telah melakukan penyemprotan desinfektan ke rumah pasien 01 yang berada di Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Jambi Selatan. Penyemprotan itu juga atas instruksi dari Wali Kota Jambi untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat yang tinggal di sekitar rumah pasien.

Ardi mengatakan, penyemprotan tersebut dilakukan sebanyak 50 rumah yang berada di sekitar rumah pasien. Selain rumah-rumah warga, petugas juga menyemprot kan desinfektan ke salah satu rumah tahfidz dan juga bangunan sekolah dasar.

“Kami mengirimkan 5 petugas di sana untuk melakukan penyemprotan desinfektan dengan membawa peralatan semprot ukuran 15 liter. Kami juga mengirimkan 2 mobil pemadam dengan kapasitas 3000 liter. Petugas di lapangan menggunakan APD lengkap” kata Ardi.

Tambah Ardi, hal ini guna mengantisipasi penyebaran virus Corona yang dibawa oleh pasien 01. Langkah ini juga untuk membuat masyarakat tidak panik dengan kejadian tersebut. Ardi juga mengatakan bahwa masyarakat sekitar sangat berterima kasih atas upaya dari Pemerintah Kota Jambi tersebut. (Shelvy/HMS)

DRadio 104,3 FM Jambi