Bupati Tanggapi Perencanaan PMI Muaro Jambi Kedepannya

MUAROJAMBI, AksesNews – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi Hasan Basri Agus (HBA) Lantik M Fadhil Arief bersama Pengurus PMI Muaro Jambi lainnya. Pelantikan yang di saksikan langsung oleh Bupati Muaro Jambi berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Muaro Jambi, Jumat (06/03/2020).

HBA mengatakan kepengurusan PMI tingkat Kabupaten Kota baru Sembilan yang terbentuk, salah satunya adalah PMI Muaro Jambi. Namun, dalam hal Sekretariat baru Delapan.

“Yang belum terbentuk pengurusnya PMI Batanghari dan Merangin, sedangkan untuk Kantor ya PMI Muaro Jambi belum,” sebutnya.

HBA pun mengharapkan pada kepengurusan yang baru di Lantik agar dapat bersinergi dengan pemerintah kabupaten dalam hal program PMI seperti Donor Darah.

HBA pun menyampaikan, terkait UU Nomor 01 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan bahwa anggaran PMI sudah bisa dianggarkan oleh pemerintah setempat.

“Selain dari anggaran pemerintah, kita juga minta kepada pemerintah kabupaten atau kota untuk mendorong dalam anggaran CSR dan anggaran hal yang tidak mengikat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMI Muaro Jambi, M Fadhil Arief mengatakan prioritas PMI untuk kedepannya iyalah mencari Sekretariat. Selain itu juga untuk bersinergi dengan Pemerintahan dalam bidang sosial dan kemanusiaan serta merencanakan pembentukan Bank Darah untuk kabupaten Muaro Jambi.

“Kita memiliki banyak relawan, rencana kedepannya kami akan rumuskan relawan kami akan di sinkronkan instansi terkait yang mana. Kalau masalah bank darah, kita Muaro Jambi memiliki 3 rumah sakit, jadi kedepannya kita upayakan kabupaten ini memiliki Bank Darah.

Dalam acara tersebut, Fadhil sempat juga menyinggung terkait relawan KSR Perguruan tinggi di 2 kampus yang masuk wilayah Kabupaten Muaro Jambi. Menurutnya, KSR Perguruan Tinggi tersebut merupakan bagian dari PMI Muaro Jambi.

“Kedepannya kita akan bicarakan bagaimana status Relawan kita di Kampus tersebut. Untuk relawan sendiri, saya harap agar berkontribusilah dengan PMI sekarang dan sering-sering datang,” ujarnya.

Menanggapi penyampaian Fadhil Arief, Bupati Muaro Jambi Masnah Busroh mengatakan akan menindak lanjuti terkait Sekretariat. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mencari gedung yang masih kosong untuk di jadikan Kantor PMI Muaro Jambi.

“Secepatnya kita akan cari gedung yang masih ada untuk dijadikan Sekretariat PMI. Kalau mau diri baru, kita anggaran belum ada, tapi sementara kita upayakan pakai gedung yang ada dulu,” jelasnnya.

Masnah juga menyambut positif terkait rencana bank darah untuk Muaro Jambi, sebab Muaro Jambi memiliki 3 RSD yang dianggap perlu untuk membantu masyarakat dalam persoalan darah karena masyarakat masih tergantung di Bank Darah di Kota Jambi.

Untuk KSR sendiri, Masnah juga meminta kepada relawan tersebut agar selalu aktif di Muaro Jambi karena kampus tersebut di wilayah Muaro Jambi dan PMI Muaro Jambi pun juga sudah ada.

Terkhusus masalah anggaran PMI, Masnah juga merespon cepat. Menurutnya, anggaran bisa di ajukan di RAPBD-P mendatang atau RAPBD 2021. Selain itu, untuk operasional seperti mobil dan sepeda motor juga dapat di ajukan di RAPBD-P mendatang.

“Anggaran bisa kita anggarkan di RAPBD-P 2020 atau di RAPBD di 2021. Pokoknya, kami akan dorong, akan support akan fasilitasi, karena kegiatan ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Dan segala fasilitas akan kita anggarkan di RAPBD. Kita akan dorong dan fasilitasi,” ujarnya. Alpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here