Beranda Advertorial Usulan Kades dan Lurah itu Penting, Bakhtiar Ingatkan Pejabat Agar Hadir di...

Usulan Kades dan Lurah itu Penting, Bakhtiar Ingatkan Pejabat Agar Hadir di Musrenbang Kecamatan

BATANGHARI, AksesJambi.com – Usai salah satu pegawai perwakilan OPD Batanghari menjelaskan program pembangunan apa saja yang akan dikerjakan di Kecamatan Maro Sebo Ilir di tahun 2020, Sekretaris Daerah (Sekda) Batanghari, Bakhtiar ingatkan Seluruh OPD agar selalu hadir di Musrenbang di tiap kecamatan karena itu sangat penting.

Hal itu di sampaikannya saat Musrenbang dalam penyusunan RKPD tahun 2021 tingkat Kecamatan Maro Sebo Ilir pada Rabu (05/02/2020) kemarin.

“Inilah pentingnya para kepala Dinas atau kepala Bidang untuk hadir dalam Musrenbang tingkat Kecamatan. Supaya jawabannya sesuai dengan pertanyaaan yang dikeluarkan oleh pihak desa. Ini tidak, lain yang ditanya, lain yang dijawab,” sebut Bakhtiar setelah mendengarkan jawaban dari salah satu pegawai OPD Batanghari.

Dikatakan Bakhtiar, OPD terkait juga diminta untuk turun langsung ke lapangan, agar lebih memahami kebutuhan desa atau kelurahan masing-masing dan datang ke forum tersebut untuk mendengarkan usulan yang dibawa oleh desa dan kelurahan.

“Jangan sampai yang dibawa di Musrenbang Kabupaten nanti usulan program yang keperluannya tidak mendesak, sehingga nanti akan sia-sia jika diusulkan. Dan jika telah selesai dikerjakan, OPD juga harus kembali turun, apakah program pembangunan ini tepat sasarannya untuk masyarakat.” ujarnya.

Menanggapi ada beberapa kepala OPD yang tidak hadir di Musrenbang tingkat Kecamatan Maro Sebo Ilir, Ketua DPRD Batanghari, Anita Yasmin SE mengatakan, agar kepala OPD Batanghari meningkatkan kesadarannya untuk hadir di Musrenbang tingkat Kecamatan, minimal dihadiri oleh sekretaris Dinas.

“Minimal orang mumpuni di bidangnya, sebab ini merupakan moment mereka untuk mendengarkan aspirasi dan usulan dari masyarakat desa dan kelurahan,” ungkap Anita Yasmin, saat dikonfirmasi usai Musrenbang.

Anita juga mengatakan, para Kades dan Lurah sangat berharap banyak dengan setiap OPD di Batanghari pada momen Musrenbang ini. Jika jawaban dari harapan mereka tidak sesuai, tentunya akan membuat beberapa pihak kecewa.

“Seperti tadi (Rabu,red), jawaban yang dikeluarkan malah berbeda, jadi kita senyum-senyum aja dengarnya,” sambungnya.

Ia pun meminta agar yang berwenang mengimbau setiap kepala OPD untuk hadir. Sebab pihak DPRD sifatnya hanya mengawasi dan tidak mempunyai hak penuh untuk memerintah setiap OPD di Batanghari.

“Kita hanya bersifat mengawasi, tidak mempunyai wewenang untuk memerintahkan kepala OPD hadir di Musrenbang. Itu wewenangnya pemangku jabatan,” pungkasnya. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi