Beranda Advertorial KPU Tanjab Barat Rencanakan E-Rekap, 3 Kecamatan Jadi Perhatian

KPU Tanjab Barat Rencanakan E-Rekap, 3 Kecamatan Jadi Perhatian

TANJABBAR, AksesJambi.com – Dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada September 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjung Jabung (Tanjab) Barat merencanakan akan menggunakan sistem elektronik dalam penghitungan suara atau E-Rekap.

“Kami merencanakan menerapkan rekapitulasi suara secara elektronik atau e-rekap pada pilkada tahun ini,”kata Komisioner KPU Tanjab Barat, M Taufik, Rabu (05/02/2020).

E-Rekap digunakan khusus untuk rekapitulasi suara secara elektronik di tingkat TPS. Meskipun Taufik mengakui masih banyak kekurangan dari perencanaan E-Rekap, namun dirinya optimis karena E-Rekap adalah salah satu Inovasi.

“Meski ada beberapa kendala namun kpu tanjabbarat optimis terlaksana e-rekap,” ujarnya.

Menurut Taufik, kendala dalam pelaksanaan E-Rekap iyalah permasalahan Sinyal dan jaringan internet.

Perencanaan E-Rekap terus di dorong oleh KPU Tanjab Barat karena menurutnya dengan E-Rekap lebih mempermudah. Selain itu, rekapan yang langsung di TPS akan diunggah secara otomatis sehingga rekap tingkat kecamatan maupun KPU tidak ada lagi.

E-Rekap ini di terapkan atas dasar pertimbangan kasus pemilu 2019 lalu yang sangat melelahkan dan memakan waktu lama karena berjenjang hingga menimbulkan korban jiwa akibat kelelahan. Bahkan muncul persoalan perselisihan hasil rekap di setiap jenjang hingga menimbulkan gugatan dari parpol peserta pemilu karena dugaan penggelembungan suara.

“Dengan e-rekap maka akan mengurangi beban tenaga dan menghemat waktu para petugas di lapangan,” ujarnya.

Lanjutnya, inovasi baru E-Rekap sebagai bentuk percepatan dan transparasi proses pelaksanaan pilkada yang mana untuk tanjabbarat sendiri terdapat 13 kecamatan. Namun dari 13 kecamatan terdapat tiga kecamatan yang menjadi perhatian kpu dikarenakan tidak ada jaringan internet dan Signal.

“Tiga kecamatan tersebut yakni kecamatan renah mendaluh,
Kecamatan batang asam dan Kecamatan seberang kota,”tandasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi