Beranda Advertorial Wali Kota Jambi Raih Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP dari Mendagri

Wali Kota Jambi Raih Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP dari Mendagri

KOTAJAMBI, AksesNews – Satu kata, “luar biasa”, yang patut disematkan pada sosok seorang Wali Kota Jambi, Dr. H. Syarif Fasha, ME. Setelah sekian banyak meraih apresiasi dari berbagai pihak, kini Wali Kota dengan segudang prestasi itu kembali menorehkan tinta emas ditingkat nasional.

Atas prestasi gemilangnya itu, Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi mencatatkan sejarah menjadi satu-satunya pemerintah daerah di Provinsi Jambi yang sukses meraih penghargaan nasional Lencana Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja. Pemberian penghargaan sangat selektif, terbukti hanya enam kepala daerah berprestasi saja yang berhasil meraih anugerah bergengsi tersebut, yaitu Gubernur NTB, Gubernur Bali, Gubernur Sumatera Selatan, Wali Kota Jambi, Wali Kota Mataram dan Bupati Lebak.

Dan yang paling membanggakan pula, Wali Kota Syarif Fasha merupakan satu dari tiga kepala daerah tingkat II se-Indonesia, yang berhasil meraih penghargaan dari pemerintah pusat tersebut.

Pemberian penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah yang memiliki komitmen dan kepedulian terhadap Polisi Pamong Praja di Daerah. Pemberian penghargaan tersebut telah melalui proses penilaian yang cukup panjang dan sangat selektif yang dilaksanakan langsung oleh tim Kementerian Dalam Negeri.

Terkhusus kepada Wali Kota Jambi, H. Syarif Fasha yang telah membawa Satpol PP Kota Jambi, menjadi lembaga pemerintah yang mampu untuk menjaga marwah dan wibawa Pemerintah Kota Jambi selama ini.

Penghargaan bergengsi dari Kementerian Dalam Negeri itu diserahkan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D, dalam rangkaian puncak peringatan HUT ke-70 Satpol PP dan HUT ke-58 Satlinmas, yang berlangsung di eks Bandara Selaparang, Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa pagi (3/3).

Mengusung tema besar “Peningkatan Profesionalisme Satpol PP dan Satlinmas menuju Indonesia maju”, acara yang dihelat Kementerian Dalam Negeri di Kota Mataram NTB itu belangsung sukses dan meriah.

Dalam amanahnya, Mendagri RI, Tito Karnavian yang bertindak sebagai inspektur upacara, berharap jajaran Praja Wibawa terus memiliki semangat juang, dedikasi dan pengabdian dalam melindungi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ia juga minta momentum HUT dijadikan sarana guna meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam pilar NKRI.

“Mari jadikan peringatan hari ulang tahun ke-80 Satpol PP dan HUT ke-58 Satlinmas, sebagai momentum untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam pilar NKRI untuk menjaga keutuhan NKRI. Miliki rasa kebanggaan menjadi anggota Satpol PP dan dan Satlinmas, karena dibahu rekan-rekan, tertumpu harapan masyarakat untuk keamanan dan ketertiban umum dan kepentingan nasional,” ujar Mendagri Tito Karnavian.

Usai proses penyerahan penghargaan, kepada sejumlah awak media, Wali Kota Jambi Syarif Fasha, selain menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah pusat atas anugerah tersebut, Ia juga memuji kinerja yang telah ditunjukkan jajaran Satpol PP Kota Jambi selama ini hingga menjadi lembaga yang mampu menjaga nama besar Pemerintah Kota Jambi sebagai kota besar yang maju, aman dan tertib.

“Atas nama pimpinan Pemerintahan Kota Jambi dan pribadi, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setingginya kepada Satpol PP Kota Jambi selaku pengemban penegak Perda dan Peraturan Kepala Daerah, yang selama ini telah bekerja semaksimal mungkin menjaga marwah dan wibawa Pemerintah Kota Jambi, sehingga Kota Jambi mendapat apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat. Kami berharap kedepan, profesionalitas dan kinerja Satpol PP Kota Jambi terus meningkat, makin berwibawa, sehingga tidak hanya disegani, namun juga dicintai warga masyarakat Kota Jambi. Hidup Paraja Wibawa,” ujar Wali Kota Fasha.

Dibawah kepemimpinan Wali Kota Fasha, aspek keamanan dan ketertiban masyarakat memang menjadi fokus utama yang turut memicu kemajuan di Kota Jambi. Ditangan dingin dirinya, Satpol PP mulai berbenah diri menjadi lembaga penegak Perda yang lebih berwibawa.

Aspek SDM maupun sarana prasarana penunjang kinerja anggota Satpol PP Kota Jambi pun mulai diringkatkan, sesuai dengan beban tugas Satpol PP sebagai penegak peraturan daerah dan membantu menjaga kemananan dan ketertiban di wilayah perkotaan.

Untuk mendukung profesionalitas personil Satpol PP, Wali Kota Fasha sengaja merekrut atlet-atlet berprestasi dari Kota Jambi, sebagai anggota personil Satpol PP. Selain sebagai wujud penghargaan dan apresiasi Pemkot Jambi kepada atlet berprestasi yang telah mengharumkan nama besar Kota Jambi dibidang olahraga prestasi, perekrutan atlet berprestasi itu juga merupakan wujud keberpihakan Wali Kota Fasha terhadap aspek profesionalitas SDM Pemkot Jambi.

Selain itu, peningkatan sarana dan prasarana pendukung operasional Satpol PP juga terus dibenahi sebagai upaya dukungan Pemkot Jambi terhadap kinerja Satpol PP Kota Jambi dalam melaksanakan operasi yustisi, maupun non yustisi di Kota Jambi.

Turut hadir mendampingi Wali Kota Jambi dalam penerimaan penghargaan tersebut, Kasat Pol PP Kota Jambi Yan Ismar dan Asisten III Sekda Kota Jambi A. Ridwan. (Hms/*)

DRadio 104,3 FM Jambi